Langsung ke konten utama

Phobia


Ketakuatan akan suatu hal sudah pasti di miliki oleh setiap orang. Namun ketika rasa takut itu sudah berlebihan dan terus menerus maka bisa dikatakan itu adalah phobia. Kata phobia sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat sekarang. Phobia sendiri adalah semacam gangguan kecemasan yang menyebabkan seseorang memiliki rasa takut yang berlebihan secara terus menerus, tidak realistis terhadap suatu objek, hewan, ataupun situasi. Kondisi ini sangat mempengaruhi kemampuan bekerja ataupun bersosialisasi seseorang secara normal. Seseorang yang memiliki phobia akan cenderung menghindari hal yang membuat nya merasa takut dan terancam. Kebanyakan phobia dimulai ketika seorang anak mengalami pubertas, akan tetapi phobia seperti kepada hewan, darah, air laut dan sebagainya dimulai sejak masa kanak-kanak sejak rentang usia 5 sampai 9 tahun, dan cenderung berlangsung sebentar. Berbeda pada orang dewasa, kondisi seperti ini cenderung susah disembuhkan bahkan bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Pada umumnya, macam-macam phobia di golongkan menjadi 4 kategori besar, yaitu ketakutan pada hewan tertentu, ketakutan dengan hal yang berbau medis, ketakutan dengan situasi tertentu, ataupun ketakutan akan lingkungan alam.

Yang pertama ketakutan pada hewan tertentu. Pada kondisi seperti ini seseorang akan merasa takut atau bahkan berteriak histeris. Tak jarang hal tersebut menimbulkan reaksi berlebihan seperti menangis, jantung berdebar, berkeringat, atau bahkan pingsan. Beberapa nama phobia hewan yakni Arachnophobia(laba-laba), Ophidiophobia(hewan melata), Ailurophobia(kucing) dan masih banyak jenis phobia hewan lain nya. Hal yang bisa dilakukan ketika phobia hewan tersebut ketika tidak bisa di hindari yakni segera menutup mata, ambil napas panjang dan hembuskan perlahan ulangi beberapa kali hingga merasa tenang, minum segelas air putih, dan berpikir positif bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Selanjutnya adalah ketakutan akan hal yang berbau medis. Kondisi yang di alami seseorang yang memiliki phobia ini sama dengan phobia yang lain nya. Ia akan merasa takut, cemas, berkeringat, berdebar dan lain lain. Beberapa nama phobia terhadap hal-hal medis yakni Latrofobia(takut dengan dokter), Nosofobia(enggan membaca artikel tentang penyakit), Mysofobia(cemas terhadap kebersihan seluruh permukaan benda), Heamatophia (darah) dan masih banyak lain nya.

Berikutnya adalah phobia terhadap situasi tertentu. Ketakutan ini sering terjadi di tandai dengan perubahan fisiologis seperti berkeringat, gemetar, pusing dan jantung berdebar. Berikut tipe-tipe nya, yaitu Agorafobia(ketakutan di tempat terbuka), Fobia sosial(ketakutan bertemu orang banyak) dan Fobia khas (ketakutan akan situasi atau objek tertentu seperti ketinggian).

Hal yang dapat kita lakukan ketika phobia tersebut sudah sangat menggangu aktifitas kita yakni dengan berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Pengobatan phobia ini sendiri bertjuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu pasien untuk mengendalikan perasaan, pikiran, dan reaksi yang dapat memicu phobia. Berikut beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan yakni psikoterapi, obat-obatan, program bantuan mandiri dan yang terpenting adalah berbagi cerita kepada teman atau sanak saudara serta mengubah pola pikir menjadi lebih positif akan hal yang di takuti selama ini secara objective.


Komentar