Langsung ke konten utama

Makanan sehat karantina Covid 19






Makanan Indonesia Sebagai Alternatif Sehat Saat Karantina Covid 19

Di tengah mewabahnya virus corona saat ini, banyak orang yang sengaja melakukan karantina mandiri di rumah mereka masing-masing dan menyediakan banyak bahan makanan. Mereka sengaja memborong makanan beku untuk meminimalisir kontak fisik dengan orang banyak seperti dipasar atau tempat perbelanjaan lain nya. Makanan yang biasa di serbu orang adalah makanan siap saji ataupun makanan beku seperti bakso beku, sosis, mi instan, nugget, makanan kaleng dll. Padahal banyak sekali masakan indonesia yang dapat bertahan lama sebagai persediaan selama masa karantina.

Rendang bisa di masukan ke dalam list maskaan yang tahan lama. Makanan khas ini sudah banyak di kenal oleh dunia. Selain karena rasanya yang nikmat, makanan ini pun bisa dibeku kan sehingga dapat bertahan lama. Secara tradisional pada awalnya rendang ini dibuat sebagai persediaan makanan bagi para peziarah yang melakukan perjalanan panjang dari Indonesia ke Mekkah. Rendang yang di awetkan dengan cara yang baik bisa menjadi persediaan makanan selama masa karantina. Dengan catatan makanan dimasukan kedalam plastik vakum agar kedap dari udara sehingga bakteri tidak bisa tumbuh.

Makanan yang awet selanjutnya adalah abon. Sama seperti rendang, abon juga lauk yang menggunakan daging seperti sapi, ayam, ataupun ikan sebagai bahan utamanya. Bentuknya yang berupa serat-serat dging dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan nikmat. Meskipun dalam pembuatan nya memakan waktu yang panjang serta tahapyang banyak setidaknya makanan ini bisa dijadikan alternatif makanan pengganti yang sehat dan tahan lama.

Selanjutnya ada masakan indonesia yang tak kalah populer nya yaitu sambal kering kacang teri. Selain pembuatan nya yang mudah dan juga bahan bahan nya murah, makanan ini pun dapat bertahan lama sehingga bisa dijadikan alternatif pengganti makanan beku. Beda hal nya dengan rendang tadi, kering kacang teri ini dapat bertahan lama tanpa harus di bekukan. Terkadang sebagian orang mencampurkan keripik kentang atau pun kering tempe agar rasanya lebih nikmat. Mengingat bahwa tempe adalah makanan yang tak menyimpan banyak air.

Beberapa jenis makanan diatas bisa kalian jadikan sebagai pengganti makanan beku selama proses karantina saat virus corona menyerang hampir seluruh belahan dunia. Selain sehat dan murah, makanan diatas lebih terjamin kebersihan nya karena telah di olah sendiri sehingga menjadi makanan yang awet dan tahn lama. Dengan mewabahnya virus corona ini diharapkan seluruh masyarakat senantiasa menjaga kesehatan dan juga kebersihan diri dengan cara memasak makanan yang sehat serta menjaga kebersihan diri dengan membiasakan mencuci tangan sesering mungkin.

Komentar