Langsung ke konten utama

Menulis


Menulis adalah hal yang menyenang kan bagi sebagian orang. Karna menulis adalah cara lain dari mengungkapkan sebuah perasaan. Menulis dapat membuat seseorang berfikir lebih kreatif dan inovatif. Tak jarang ide ide cemerlang anak bangsa terlahir dari tulisan yang mereka buat. Kemajuan dari teknologi juga sangat membantu para penulis untuk mengembangkan karya tulis yang mereka buat. Seperti yang bisa kita lihat dan rasakan saat ini, banyak sekali tulisan- tulisan yang di posting di internet, baik itu karya puisi, karya tulis ilmiah, penjelasan materi dan masih banyak karya tulis lain nya. Perkembangan teknologi juga memberikan kesempatan pada saya untuk mencoba menulis dan membagikan hasil tulisan yang saya buat seperti sekarang ini.

Menulis membuat saya memiliki ruang tersendiri untuk menceritakan apa yang saya rasakan. Pengalaman pertama saya dalam menulis yaitu ketika saya duduk di sekolah dasar. Binder adalah media tulis saya saat itu. Pada zaman nya binder adalah hal yang menarik dan ia adalah benda wajib yang harus dimiliki anak perempuan seusia saya waktu itu. Dan saat itulah pertama kali nya saya menulis puisi. Menulis menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi saya waktu itu. Setiap sebelum tidur saya selalu menulis sebuah puisi atau pun sekedar menulis diary. Sejak saat itulah saya gemar menulis dan berlanjut sampai saat ini.

Menulis juga berarti membuat jembatan komunikasi untuk diri sendiri dan orang lain. Juga sebagai media untuk menyampaikan apa yang kita inginkan, menyebarkan apa yang kita gagaskan, dan mengajak orang lain untuk berfikir dan berkembang. Dengan menulis berarti kita juga dapat membantu seseorang menghadapi atau memecahkan  permasalahan yang sama dengan yang dihadapi penulis. Banyak sekali hal baru yang bisa kita dapat dari tulisan orang lain. Seperti hal nya saya ketika baru belajar menulis paragraph atau pun menulis sebuah essay. Saya selalu mencari informasi mengenai bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Serta bagaimana cara nya agar apa yang kita tulis berkualitas dan mudah dipahami orang lain. Tulisan juga bisa menjadi media dakwah seseorang tanpa harus terjun langsung ke objek dakwah. Menyampaikan ilmu yang kita miliki dengan cara yang berbeda dan dengan media yang menarik pula.

Menulis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi mereka yang sudah terbiasa dan sudah menjadi pekerjaan nya sehari hari. Semakin banyak seseorang membaca, semakin banyak pula ide yang bisa ia sampaikan dalam tulisan nya. Dengan sering berlatih dalam menulis maka perbendaharaan kata nya pun semakin kaya. Karya yang ia hasilkan pun makin berisi dan berkualitas. Sedikit sulit memang bagi para pemula, namun tidak ada salah nya mencoba dari hal hal sederhana seperti membuat tulisan yang berisi fakta atau opini tentang suatu permasalahan yang sedang ramai dibicarakan di media sosial. Atau sekedar membahas hal hal ringan yang bersifat general dan mudah dipahami orang lain.

Dan masih banyak lagi hal positiv yang bisa kita dapat dari kebiasaan menulis itu sendiri. Selain bermanfaat untuk kita, juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Menjadi produktif dan bisa membantu orang lain dengan cara membagikan ilmu yang kita tau. Itu saja yang bisa saya sampaikan saya akan menutup tulisan ini dengan kutipan yang pernah disampaikan oleh Pramoedya Ananta Toer “ Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah.

Komentar